img

Fakta Menarik Pembukaan Porprov VII Jawa Timur Tahun 2022

Penulis: Admin | Terbit: 02 Juli 2022 | Dibaca: 476 kali

“Saya Bangga dan Bahagia bahwa atlet-atlet dari Jawa Timur siap berlaga dalam Porprov Jawa Timur ke-VII yang digelar di 4 Kabupaten ini.”

- Khofifah Indar Parawansa -

Halo, Sobat Sanpet...

Sabtu, 25 Juni 2022 merupakan hari yang tak dapat dilupakan oleh masyarakat Jawa Timur, khususnya warga Jember. Ya, pada hari itu Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi sukses digelar di Jember Sport Garden dengan megah dan meriah. Stadion dengan kapasitas 20.000 orang penonton terisi penuh, sedangkan penonton yang tidak kebagian kursi di dalam stadion, mereka menonton siaran langsungnya dari luar stadion. 

Sobat, di balik kemegahan dan kemeriahan Opening Ceremony Porprov VII ini ada beberapa fakta yang menarik untuk kita simak.

1. Tari Kolosal 1.500 orang

    Sebanyak 1.500 siswa-siswi terpilih tingkat SMP se-Kabupaten menjadi peserta Tari Kolosal SEWUMANGATUS. Penampilan epic tari massal dengan jumlah terbanyak ini mengukir sejarah sepanjang perjalanan dunia seni Kabupaten Jember.

2. Dibuka 10 Tari Daerah Jawa Timur

    Penampilan yang memukau diawali dengan persembahan 10 Tari daerah Jawa Timur dengan 500 penari. Sepuluh tarian tersebut adalah Tari Gandrung, Tari Landhung, Tari Malong Kopi, Tari Samper Sarong, Tari Godril, Tari Terbang Bandung, Tari Gading Alit, Tari Remo, Tari Nyambi Pelteng, dan Tari Jathil-Warok. Sebagai pamungkas, ditampilkan tarian khas Kabupaten Jember, yaitu Tari Lahbako yang ditarikan oleh 850 siswa-siswi dengan busana kontemporer berkilauan namun masih menghormati pakem busana Tari Lahbako. Tari kreasi baru, Tari Sadeng juga turut ditampilkan. Tari Sadeng menggambarkan perjuangan meraih kemenangan dan kejayaan dengan menjunjung tinggi sportivitas serta semangat juang yang disertai keikhlasan sehingga menanamkan jiwa petarung yang positif.

3. Band Kotak bernyanyi dengan Bahasa Madura

    Sejumlah penyanyi turut memeriahkan pembukaan Porprov VII. Salah satunya Grup Band Kotak yang menyanyikan lagu Pelan-Pelan Saja. Ada yang istimewa dari penampilan Kotak. Lagu Pelan-Pelan Saja dibawakan dengan bahasa Madura. Penampilan tersebut mendapatkan sambutan yang beriah dari penonton.

4. 'Si Jura Bersamamu' Menyemangati Atlet Porprov Jatim 2022

    Kelompok seniman musik di Jember Jawa Timur, Linkrafin menciptakan lagu untuk mendukung suksesnya pekan olahraga provinsi atau Porprov Jawa Timur 2022. Lagu berjudul Si Jura Bersamamu itu membawa pesan agar atlet semangat meraih prestasi. Lagu itu dibuat sebagai penyemangat untuk mensukseskan Porprov Jatim VII, yang digelar di 4 kabupaten di Jawa Timur. Lirik lagu dan aransemen musik merupakan kolaborasi alat musik modern dan tradisional.

5. Jumlah Peserta Terbanyak

    Menurut Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur, Muhammad Nabil, bahwa jumlah total peserta Porprov Jatim 2022 sebanyak 14.486 orang. Jumlah ini merupakan rekor terbesar di Indonesia, lebih besar dari jumlah peserta PON di Papua. Adapun tema Porprov Jatim 2022 ini yaitu "Dari Jawa Timur untuk Indonesia, menuju prestasi dunia." 

Dalam Porprov Jatim 2022 ini, Kabupaten Jember akan menjadi tuan rumah untuk 20 cabang olahraga sekaligus tuan rumah pembukaan atau opening ceremony. Kemudian Kabupaten Lumajang, menjadi tuan rumah untuk 15 cabang olahraga, sekaligus sebagai tuan rumah penutupan atau closing ceremony. Kabupaten Situbondo, menjadi tuan rumah untuk 13 cabang olaharaga, dan Kabupaten Bondowoso menjadi tuan rumah untuk 7 cabang olahraga. 

Nah, Sobat Sanpet itulah lima fakta menarik di balik pembukaan Proprov VII 2022 Jawa Timur. Semoga seluruh pertandingan dari setiap cabor berjalan dengan baik, saya harap para atlet yang berlaga mampu menjaga sportivitas.

Salam Olahraga!

 

 

Sumber foto: beritabojonegoro.com