img

Karakter: Tentang Berpikir Positif

Penulis: Admin | Terbit: 15 Mei 2023 | Dibaca: 499 kali

 “Untuk membuat sebuah tindakan yang positif, kita harus mengembangkan sebuah pandangan positif.” - Dalai Lama XIV -

Halo, Sobat Sanpet ...

Di sebuah gerbong Kerata Cepat yang penuh, seorang anak laki-laki berusia sekitar 12 tahun melepaskan pandangannnya melalui jendela. Ia terlihat sangat takjub melihat pemandangan di luar jendela. 

Dengan girang, ia berteriak dan berkata, ” Ayah lihat pohon pohon itu tertinggal dibelakang, mereka tidak bisa mengejar kita."

Sang ayah hanya tersenyum sambil menganggukan kepala. Sang ayah terlihat bangga dan bahagia melihat kelakuan anaknya.

“Ayah, lihat awan dan matahari mengejar kita, mereka terus mengikuti kita,” kembali anak laki-laki itu berceloteh.

Sang ayah kembali tersenyum dan menganggukan kepala. Dia sangat bahagia melihat celotehan anaknya.

Di depan anak dan ayah itu duduk sepasang suami istri yang mengamati tingkah laku si anak laki-laki yang menurut mereka sangat kekanak-kanakan jika dibandingkan usianya yang mereka taksir sekitar 12 tahun. Mereka berdua merasa sangat risih.

Kereta terus berlalu. Tidak lama kemudian si anak laki-laki kembali berteriak.”Ayah apakah itu bus?” Matanya berbinar-binar.

Si Ayah mengangguk. Dua orang suami istri dihadapan mereka tidak mampu menahan diri, akhirnya mereka berkata kepada ayah si anak.

“Kenapa Anda tidak membawa anak anda ke dokter. Anak Anda sungguh tidak normal untuk anak seusuainya.”

Sejenak, ayah si anak terdiam. Lalu dia menjawab,”Iya, kami baru saja kembali dari rumah sakit, anakku ini menderita kebutaan sejak lahir. Dia baru selesai dioperasi, dan hari ini adalah hari pertama dia bisa melihat dunia dengan kedua matanya.”

Pasangan Suami istri itu terdiam dan kemudian meminta maaf.

Mereka pun malah menjadi sangat ramah kepada si anak laki-laki yang masih antusias dengan apa yang dilihatnya di luar jendela kereta.

 

Sobat Sanpet ... setiap orang memiliki cerita hidupnya masing-masing, oleh karena itu jangan mudah menilai seseorang dengan apa yang kita lihat saja. Mari, belajar menempatkan diri kita di posisi orang lain.

Dari cerita ini juga kita belajar bahwa ternyata persepsi itu sangat berpengaruh, sepasang suami istri itu bertindak tidak sopan karena mereka memiliki perepsi yang buruk tentang si anak. Ketika mereka mengetahui bahwa persepsi mereka salah, mereka langsung berubah menjadi baik.

Selalu berpikir positif tentang segala sesuatu akan membuat tindakan kita juga selalu positif.

Mulai saat ini, yuk kita selalu berpikir positif tentang segala hal!

 

Sumber: https://dongengceritarakyat.com/cerita-inspiratif-tentang-berpikir-positif/