img

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Penulis: Admin | Terbit: 18 Juli 2022 | Dibaca: 405 kali

"Pendidikan melahirkan kepercayaan. Keyakinan melahirkan harapan. Harapan melahirkan perdamaian." - Konfusius -

Halo, Sobat Sanpet...

Jember, 18 Juli 2022. Matahari tampak bersinar dengan malu-malu. Meski hangatnya belum sampai ke bumi, tidak menyurutkan semangat murid-murid SMP Katolik Santo Petrus Jember untuk datang ke sekolah, terlebih pada murid baru. Wajah ceria serta, langkah kaki, serta riuh tawa mewarnai suasana sekolah. Ya, hari ini adalah hari pertama di tahun pelajaran 2022 - 2023.

Akhirnya, setelah dua tahun dilaksanakan secara daring, tahun ini Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung. Pelaksanaan MPLS tahun pelajaran 2022 - 2023 di SMP Katolik Santo Petrus dilaksanakan tanggal 18 hingga 20 Juli 2022. 
Ibu Dra. Irmina Danar Krisnawanti selaku Kepala Sekolah sekaligus pembina dalam Upacara Pembukaan MPLS menyampaikan bahwa selama MPLS ini tidak ada praktik kekerasan, perploncoan, dan bullying. Pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan secara edukatif dan menyenangkan.

Ibu Danar berpesan pada murid baru untuk dapat beradaptasi dengan lingkingan sekolah dan sekitar, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana pra sarana di sekolah. "Meski pandemi telah melandai, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker secara benar, mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, serta tidak berlama-lama berkerumun," lanjut Bu Danar.

Setelah upacara pembukaan, para murid baru mengikuti kegiatan di aula. Di hari pertama, mereka akan menerima materi tentang Visi, Misi, dan Tata Tertib Sekolah, Pengenalan Guru, Karyawan, dan Lingkungan Sekolah, Kurikulum, serta Pengenalan Media Sosial Sekolah. Hari kedua, materi yang disampaikan adalah Wawasan Wiyata Mandala dan Adiwiyata, Pendidikan karakter, Tata Krama, dan Anti Perundungan, Budaya Lokal, Ekstrakurikuler, serta Praktik Mengenal Sekolah. Sedangkan pada hari ketiga, para murid baru akan menerima materi tentang Moderasi Beragama, Pramuka, dan Cara Belajar yang Efektif.

Materi disampaikan dengan sangat menarik dan menyenangkan. Bapak Ibu pemateri menyisipkan permainan serta hadiah-hadiah sehingga para murid baru semangat mengikuti MPLS. Pelaksanaan MPLS ini tidak lepas dari peran pengurus OSIS yang turut membantu kelancaran MPLS. Mereka melaksanakan tugas dengan sigap dan penuh tanggung jawab.

Selama tiga hari, kegiatan MPLS dimulai pukul 07.00 hingga 12.55. Ada kesan haru dan bahagia ketika melihat sekolah ramai dengan para murid. Wajah-wajah ceria penuh semangat mewarnai tiap sudut sekolah. Semoga semangat dan keceriaan ini tetap membara setiap hari, berproses, berkembang, dan belajar bersama untuk menjadi pribadi yang berkarakter di SMP Katolik Santo Petrus Jember.