img

Oase Kehidupan: Lukisan Sang Raja

Penulis: Admin | Terbit: 12 Desember 2022 | Dibaca: 284 kali

 "Penemuan terbesar sepanjang masa adalah bahwa seseorang bisa mengubah masa depannya hanya dengan mengubah sikapnya saat ini."  - Oprah Winfrey - 

Dahulu, hiduplah seorang raja yang hanya memiliki satu mata dan satu kaki. Raja itu adalah raja yang baik dan cerdas.

Suatu hari, saat raja berjalan-jalan di galeri kerajaan ia melihat lukisan-lukisan pendahulunya. Ia lalu ingin memiliki lukisan dirinya, sebab ia merasa suatu hari anak cucunya akan melihat hal yang sama di sini.

Raja lalu memanggil semua pelukis yang ada di negerinya ke istana. Ia meminta untuk dibuatkan lukisan yang indah dan terlihat gagah untuk dipajang di galeri istana. Pelukis yang berani menerima tugas ini akan diberi imbalan sesuai dengan keindahan lukisannya.

Para pelukis mulai berpikir setelah mendengar titah raja, menurut mereka tidak mungkin bisa membuat lukisan yang indah sebab raja hanya punya satu mata dan kaki. Mereka takut jika nanti hasilnya buruk, mereka malah diberi hukuman karena dianggap menghina raja.

Pelukis-pelukis itu pun satu per satu mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Lalu, salah seorang pelukis mengajukan diri untuk melukis raja yang cacat tersebut. Sang raja senang dengan keberanian pelukis itu.

Berminggu-minggu si pelukis mengerjakan lukisan yang diminta raja. Sampai akhirnya tiba hari saat lukisan itu dipamerkan kepada publik. Para pelukis yang mengundurkan diri datang ke istana, mereka sangsi lukisan itu akan indah.

Anggapan para pelukis itu langsung sirna ketika kain penutup lukisan itu dibuka. Sebab, hasil lukisan itu sangatlah indah dan sang raja terlihat demikian gagah.

Di lukisan raja digambarkan sedang menunggangi kuda yang menghadap ke samping, sambil bersiap memanah. Sehingga kakinya yang cacat tidak terlihat dan matanya yang buta terpejam seperti sedang membidik.

Raja sangat puas dengan hasil lukisan tersebut, ia menghadiahi sebuah kastil untuk si pelukis.

 

Sobat Sanpet,

Bahwa yang berani mengambil risiko, yang berani berpikir di luar kebiasaan, yang bersedia untuk menantang dirinya untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif adalah yang akan memenangkan pertempuran.

Pelukis sang raja tadi bukanlah orang yang istimewa. Ia mungkin saja memiliki kemampuan sama seperti pelukis di istana yang lainnya. Namun yang membuat ia berbeda adalah ia mau memgambil risiko dan kemudian mencari jalan keluarnya dengan cara yang paling indah.

Sobat juga dapat belajar dari kisah pelukis sang raja tersebut. Ketika ada tantangan di hadapan untuk  diselesaikan, ketika yang lainnya mundur dan menyerah, maka Sobat harus membuat keputusan yang berbeda.

Jangan memikirkan untuk menyerah, tapi pikirkan bagaimana tantanganmu itu bisa Sobat lewati.

Jangan mundur, tapi jadilah kreatif dan inovatif, berpikirlah out of the box, seperti halnya pelukis sang raja dalam kisah di atas.

 

Sumber: https://penulisgunung.id/2021/11/25/cerita-inspiratif-singkat/#pesan-moral