img

Oase Kehidupan: Zona Nyaman

Penulis: Admin | Terbit: 21 September 2020 | Dibaca: 186 kali

“Ketika Anda mulai meninggalkan zona nyaman, maka sejak saat itu Anda meletakkan diri Anda pada situasi yang tidak nyaman untuk Anda. Anda harus mempelajari suatu hal baru yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, Anda mengembangkan pengetahuan Anda untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.”

Bebarapa saat yang lalu, saya mengikuti kelas online tentang Pelatihan Kepemimpinan. Ada sebuah cerita yang hingga kini tidak dapat saya lupakan. Cerita yang sangat memotivasi diri saya.

                Pendamping di kelas itu memulai ceritanya dengan menggambarkan seorang pria yang berdiri di tengah lingkaran. Supaya lebih menarik, dia menggambar juga rumah, mobil, makanan, uang, dan beberapa teman di dalam lingkaran itu.

                Kemudian dia bertanya, ”Adakah yang tahu, gambar apakah ini?” Sejenak kelas menjadi sunyi. Tiba-tiba ada seorang peserta yang menjawab, “Itu dunia”

Pendamping  itu menanggapi, “Hampir benar. Lebih tepatnya ini adalah Zona Nyaman milik Anda. Di dalam lingkaran itu, Anda memiliki semua hal terpenting bagi Anda. Rumah, pekerjaan, harta, keluarga, dan teman-teman. Berada di dalam lingkaran itu, membuat Anda merasa nyaman dan aman dari berbagai bahaya serta konflik.”

                “Adakah yang dapat menjelaskan pada saya, apa yang akan terjadi jika Anda keluar dari lingkaran itu?”

                Kelas kembali sunyi. Seorang peserta dengan semangat menjawab, “Merasa takut.” Peserta lain menjawab, “Kita akan kehilangan rasa nyaman.”

Lalu pada chat bebarapa peserta menjawab,  merasa kesulitan, merasa tidak aman, merasa susah, harus menjalani semuanya dari awal.

Tiba-tiba ada salah satu peserta yang menjawab, “Kita dapat belajar sesuatu.”

                “Tepat, Anda benar. Kita dapat belajar sesuatu.”  Pendamping itu lalu menggambarkan anak panah dari orang yang berada di dalam lingkaran ke luar lingkaran. Dia pun melanjutkan penjelasannya, “Ketika Anda mulai meninggalkan zona nyaman, maka sejak saat itu Anda meletakkan diri Anda pada situasi yang tidak nyaman untuk Anda. Anda harus mempelajari suatu hal baru yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, Anda mengembangkan pengetahuan sehingga menjadi orang yang lebih baik lagi. Keadaan seperti  itu tidak nyaman karena ada proses belajar yang membutuhkan pengorbanan.” Lalu sang pendamping menggambarkan lingkaran yang lebih besar di sekeliling lingkaran pertama dan menambahkan gambar rumah, mobil, laptop, benda-benda baru,  serta teman-teman yang lebih banyak.

                Melalui cerita tersebut, saya dan Anda, kita semua jika tetap berada dalam Zona Nyaman, maka kita tidak akan pernah dapat berkembang dan mempelajari banyak hal baru. Ketika kita memberanikan diri melangkah keluar Zona Nyaman, kita memulai membuat lingkaran hidup kita menjadi lebih besar dan lebar. Kita siap menerima tantangan baru untuk pikiran sehingga pada akhirnya kita bertumbuh lebih kuat. Dan yang terpenting adalah kita menjadi seorang yang lebih baik.

Jadi, beranikah Anda keluar dari Zona Nyaman Anda?

Daftar pustaka

Sugiyo, Teha. 2008. Pelangi Kehidupan 2: Mengukir Takdir. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.