img

Pelatihan Imbas Sekolah Sahabat

Penulis: Admin | Terbit: 10 Juli 2021 | Dibaca: 425 kali

“Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini” (Malcolm X) 

            Pandemi Covid-19 belum berakhir. Hampir satu setengah tahun pembelajaran sekolah menggunakan metode daring (online). Banyak fitur-fitur yang ditawarkan untuk memudahkan guru dan peserta didik melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pada bulan Juni 2020, Kupuku Indonesia memberikan kesempatan baik kepada SMP Katolik Santo Petrus Jember bersama 9 sekolah yang lain mengikuti ToT Google Suite for Education (sekarang bernama Google Workspace for Education) dengan dibimbing langsung oleh Steven Sutantro, Trainer dari Google. Melalui ToT tersebut kami mengetahui bahwa ternyata fitur-fitur Google sangat membantu pembelajaran maupun kinerja guru sehingga pembelajaran dan kerja menjadi mudah, kolaboratif, dan kreatif.

            Satu tahun berlalu, setelah Google Workspace for Education diterapkan di SMP Katolik Santo Petrus Jember maka kini saatnya maju bersama sekolah sahabat. Sekolah sahabat yang kami pilih adalah SMP Katolik Santo Paulus Kraksaan. Beruntung sekali pemerintah bersama dengan Google memberikan akun belajar.id kepada sekolah-sekolah sehingga dapat menggunakan fitur Google untuk PJJ. Demikian dengan SMP Katolik Santo Paulus Kraksaan juga sudah menggunakan akun belajar.id. 

           Kegiatan yang bertajuk "Pelatihan Imbas Sekolah Sahabat" ini dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama (pelatihan) minimal empat kali pertemuan sebelum Tahun Pelajaran 2021/2022, tiap pertemuannya selama 2 jam. Pada tahap ini para guru sekolah sahabat berlatih menggunakan fitur-fitur Google Workspace for Education untuk PJJ bersama trainer dari SMP Katolik Santo petrus Jember yaitu Pak Rama Krisnawan dan Ibu Ch. A. Anindita. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 21, 22 Juni dan tanggal 8, 9 Juli 2021 mulai pukul 08.30 sampai 10.30. Sedangkan tahap kedua (pendampingan) akan dilaksanakan pada bulan Agustus atau saat pembelajaran di Tahun Pelajaran 2021/2022 sudah berjalan.

          Selama pelatihan, para guru Sekolah Sahabat sangat antusias dan semangat berlatih karena menurut mereka fitur-fitur Google Workspace for Education dapat memudahkan dalam PJJ. Tantangan yang dihadapi saat pelaksanaan PJJ adalah gawai dan jaringan internet yang terkadang kurang mendukung. Namun, tantangan tersebut tidak mematahkan semangat para guru SMP Katolik Santo Paulus Kraksaan. Bagi mereka memajukan kemampuan dan pendidikan murid adalah yang utama.