img

Tanya Kenapa: Kenapa 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional?

Penulis: Admin | Terbit: 21 Februari 2023 | Dibaca: 2095 kali

"Kebaikan pada alam bisa dilakukan dengan hal yang paling sederhana, jangan buang sampah sembarangan, misalnya, terlepas ada yang melihat atau pun tidak." - Fiersa Besari -

Halo, Sobat Sanpet ...

Setiap tanggal 21 Februari, kita memperingatinya sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) adalah hari nasional yang diperingati dalam rangka untuk mewujudkan serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah yang dihasilkan setiap tahunnya. Hari Peduli Sampah Nasional diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya.

Dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional setiap 21 Februari adalah untuk menjadikan masalah sampah sebagai fokus seluruh komponen masyarakat. Pengelolaan sampah yang baik dan benar dapat menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Sejarah Hari Peduli Sampah Nasional

Melansir situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sulawesi, sejarah Hari Peduli Sampah Nasional bermula dari peristiwa di tahun 2005 silam. Saat itu terjadi longsor gunungan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005.

Peristiwa longsornya gunungan sampah TPA Leuwigajah tersebut menimpa perkampungan warga di Cilimus dan Pojok, Jawa Barat. Akibatnya lebih dari 100 nyawa meninggal dunia imbas tragedi longsoran TPA Leuwigajah.

Tragedi ledakan TPA Leuwigajah terjadi akibat tingginya curah hujan dan ledakan gas metana dari tumpukan sampah di TPA. Sebanyak 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari TPA Leuwigajah.

Selanjutnya, tanggal peristiwa tersebut dijadikan momentum untuk memperingati kepedulian terhadap masalah sampah. Sampai sekarang tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) setiap tahunnya.

Tema Hari Peduli Sampah Nasional 2023

Untuk tahun ini, Hari Peduli Sampah Nasional 2023 adalah peringatan ke-18 Hari Peduli Sampah Nasional sejak tahun 2005. Mengutip dari situs resminya, KLHK mengusung Tema Hari Peduli Sampah Nasional 2023 adalah "Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat".

Tema HPSN 2023 bertujuan untuk menjawab salah satu permasalahan global perubahan iklim yang telah lama dan menjadi perhatian masyarakat dunia. Fenomena perubahan iklim berdampak pada berbagai sisi kehidupan seperti kesehatan ketahanan pangan dan ekosistem serta dapat mengancam keseimbangan ekosistem lingkungan dan sumber daya yang terkandung di dalamnya.

Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, pemerintah mengadakan serangkaian kegiatan HPSN 2023. Rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023 dilaksanakan untuk menguatkan rantai nilai pengelolaan sampah dan mewujudkan pengelolaan sampah menuju emisi net zero.

 

Sobat Sanpet ...

Itulah penjelasan singkat sejarah serta tema HPSN 2023. Yuk Sobat, kita lestarikan alam semesta dengan lebih bijak mengolah sampah sehingga ekosistem tetap terjaga sebagai warisan untuk generasi selanjutnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6571994/hari-peduli-sampah-nasional-2023-sejarah-tema-dan-kegiatannya.