img

Tanya Kenapa: Kenapa Eco Enzyme itu Penting?

Penulis: Admin | Terbit: 04 Maret 2023 | Dibaca: 1667 kali

"Dengan menemukan alam, Anda menemukan diri Anda sendiri." - Maxime Lagacé -

Halo, Sobat Sanpet ...

Sobat, akhir-akhir ini gerakan Zero Waste selalu digemakan. Hal itu karena kondisi bumi kita yang semakin penuh dengan sampah. Salah satu cara mengurangi sampah adalah dengan pembuatan eco enzyme. 

Pada tanggal 1 Maret 2023 lalu, murid SMP Katolik Santo Petrus yang tergabung dalam Ekstrakurikuler PMR membuat eco enzyme atas bimbingan Komunitas Eco Enzyme Nusantara Jember. 

Lalu, apa sih eco enzyme itu? Dan seberapa penting eco enzyme dalam kehidupan kita? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini. 

Apa itu Eco Enzyme?

Eco Enzyme ini pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Gagasan proyek ini adalah untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya kita buang ke dalam tong sampah sebagai pembersih organik.

Jadi eco enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air. Warnanya coklat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat.

Eco Enzyme bisa menjadi cairan multiguna dan aplikasinya meliputi rumah tangga, pertanian dan juga peternakan. Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna menggunakan sampah buah atau sayuran. Enzim dari “sampah” ini adalah salah satu cara manajemen sampah yang memanfaatkan sisa-sisa dapur untuk sesuatu yang sangat bermanfaat. Cairan ini bisa menjadi pembersih rumah, maupun sebagai pupuk alami dan pestisidia yang efektif.

Mengapa Eco Enzyme sangat penting?

Enzim mengubah amonia menjadi nitrat (NO3), hormon alami dan nutrisi untuk tanaman. Sementara itu mengubah CO2 menjadi karbonat (CO3) yang bermanfaat bagi tanaman laut dan kehidupan laut.

Berikut ini adalah alasan lain kenapa kita perlu mempertimbangkan untuk membuat eco enzyme:

1. Hemat: Mengubah sampah dapur menjadi pembersih rumah tangga alami DIY.

2. Mengurangi polusi: Gas metana yang dikeluarkan dari sampah yang dibuang dapat memerangkap 21x lebih banyak panas daripada CO2, memperburuk pemanasan global.

3. Air purify: Membersihkan udara dari racun, polusi dan menghilangkan bau

4. Banyak manfaatnya: Pembersih rumah tangga, insektisida, antiseptik, perawatan tubuh, pupuk dll

Apa aja manfaat Eco Enzyme?

Karena kandungannya, eco Enzyme memiliki banyak cara untuk membantu siklus alam seperti memudahkan pertumbuhan tanaman (sebagai fertilizer), mengobati tanah dan juga membersihkan air yang tercemar. Selain itu bisa juga ditambahkan ke produk pembersih rumah tangga seperti shampoo, pencuci piring, deterjen, dll.

Pembersih enzim ini 100% natural dan bebas dari bahan kimia, mudah terurai dan lembut di tangan dan lingkungan. Cairan ini juga penolak serangga alami yang membuat semut, serangga dll menjauh. Saking alaminya, setelah digunakan untuk pel, cairan ini juga bisa dipakai untuk menyiram tanaman. Eco Enzyme juga dapat digunakan untuk merangsang hormon tanaman untuk meningkatkan kualitas buah dan sayuran dan untuk meningkatkan hasil panen. Jadi pada intinya adalah circular economy at its best. 

 

Nah, Sobat ... mari bijak mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat demi kelangsungan semesta!

 

Sumber: https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/eco-enzyme/