img

Tes Minat Bakat Membantu Siswa Tak Salah Langkah

Penulis: Admin | Terbit: 18 Januari 2021 | Dibaca: 1845 kali

Karena selama ini masalah dalam menentukan pilihan masuk jurusan SMA yang sering terjadi adalah karena siswa belum mengerti minat dan bakat dalam dirinya.

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri dalam proses perjalanan tiap manusia. Jika tidak adanya pendampingan yang baik, masa remaja juga merupakan masa yang rawan. Remaja cenderung mengikuti apa pun yang menurutnya menguntungkan dan menyenangkan.

Salah satu pendampingan yang baik adalah dengan mengarahkan menuju minat bakatnya. Kamis, 14 Januari 2021, SMP Katolik Santo Petrus bekerja sama dengan Ruang Guru memberi kesempatan kepada para siswa kelas IX untuk mengikuti tes minat bakat.

Latar belakang program tes minat bakat ini adalah untuk membantu siswa dalam menentukan pilihan jurusan pendidikan selanjutnya. Selain itu juga membantu siswa untuk lebih termotivasi, meningkatkan kinerja, dan membuat perencanaan  karir ke depannya.

Menurut Locita, salah satu peserta tes minat bakat, saat mengerjakan test ini sangat diperlukan kejujuran dalam mengisi setiap pertanyaannya karena berkaitan dengan minat peserta terhadap suatu hal/kegiatan.

Test Minat Bakat dari Ruang Guru kali ini, dibagi menjadi 5 test wajib, yaitu:

1. Test RIASEC

2. Test RIMB

3. Test Intelegensi Sederhana

4. Test Mengelola Konflik

5. Test Kepribadian

Tes yang diawali dengan pengarahan melalui Media Google Meeting ini diikuti oleh 40 siswa dari kelas IXA dan IXB. Pengarahan dimulai pada pukul 10.00 oleh pihak Ruang Guru, yaitu  Kak Laninda Sabila Akbarina dan Kak Hanifah Nur Rohma. Kedua kakak dari Ruang Guru tersebut menjelaskan tentang tujuan dan langkah-langkah mengikuti tes. Setelah penjelasan, siswa kelas IX dipersilakan meninggalkan ruang meet untuk persiapan mengikuti test. Pukul 11.30 link Tes Minat Bakat mulai. Link tes dibagikan melalui Grup WhatsApp tiap kelas.

Seperti yang dijelaskan oleh Kak Hanifah, pertanyaan-pertanyaan yang tercantum harus diisi dengan jujur sesuai kemampuan dan minat siswa agar didapati hasil yang sesuai. Durasi tes selama 120 menit dengan hasil tes yang dapat langsung diketahui setelah menyelesaikan tes ini.

Locita juga menyampaikan bahwa  tes ini sangat membantu dalam menemukan jurusan/ pekerjaan yang sesuai. Karena selama ini masalah dalam menentukan pilihan masuk jurusan SMA yang sering terjadi adalah karena siswa belum mengerti minat dan bakat dalam dirinya.

Di akhir tes, terdapat Form untuk mengumpulkan hasil kelima tes yang telah dikerjakan (Form Hasil Tes Minat Bakat). Pada form ini, siswa diwajibkan menyertakan hasil screenshot dari tes yang telah dikerjakan. Dengan diisinya form ini oleh siswa, maka siswa tersebut telah menyelesaikan Tes Minat Bakatnya.