img

Vivere Tota Vita Discendum Est

Penulis: Admin | Terbit: 19 Oktober 2020 | Dibaca: 918 kali

 

“dalam kehidupan perlu belajar seumur hidup”

 

Kiranya pepatah Bahasa Latin ini dapat menjadikan semangat, spirit, roh bagi adik-adik SMP Katolik Santo Petrus Jember dalam menjalani sekolah kehidupan. Arti dari pepatah Bahasa Latih ini ialah “dalam kehidupan perlu belajar seumur hidup” Melalui pepatah ini ingin diungkapkan bahwa pendidikan merupakan sebuah proses pengembangan dan pembentukan diri terus-menerus. Proses ini berlangsung selama kita hidup di dunia ini. Selama kita hidup, proses pengembangan dan pembentukan diri terjadi tiada henti. Oleh karena itu, tidak ada kata yang menyatakan terlambat untuk belajar maupun usia terlambat untuk belajar!

            Umur bukanlah hambatan untuk belajar. Menjadi tua atau sudah tua, bukanlah inti pokok permasalahan untuk belajar. Banyak tokoh masyarakat dan para ilmuwan baik nasional maupun internasional yang membuktikan hal ini. Namun, inti permasalahan sebenarnya ialah bagaimana kita mau belajar, berjuang, bertekun, menggali pengalaman, serta membangun kebijaksanaan dalam hidup ini. Di usia berapa pun, baik muda maupun tua, kita punya kesempatan untuk mencoba, mencoba dan terus mencoba serta tidak perlu merasa diri menyerah atau putus asa karena kita tetap punya peluang untuk sukses dalam belajar. Dengan demikian, kesuksesan pada akhirnya ada pada kita sendiri karena kita telah berjuang sekuat tenaga dengan penuh disiplin.

            Namun, persoalannya yakni “sebagian besar manusia tidak mendisiplinkan dirinya untuk tetap belajar tiada henti”.  Mereka yang memiliki persoalan semacam ini telah terserang dan terjangkit virus kemalasan dan virus kemapanan. Karena itu, sudah menjadi tugas kita semua, masyarakat, Bapak Ibu Guru, para orang tua untuk memberikan dorongan, inspirasi, dan motivasi kepada semua anak pada umumnya dan para murid SMP Katolik Santo Petrus Jember pada khususnya agar memiliki kebiasaan belajar secara teratur dalam sekolah kehidupan ini. Melalui sekolah kehidupan, kita akan menemukan mata pelajaran yang sangat berguna dan bermanfaat untuk memperkaya kehidupan kita nantinya. Tetaplah terus berjuang dalam mengembangkan dan membentuk karakter diri serta jangan putus asa.

Tuhan memberkati.